Jumat, 01 Maret 2013

BMW 335i - Ubahan yang Fantastis !

Overview


Seri 3 bagi BMW merupakan varian paling populer dari generasi ke generasi. Dan pada generasi ke-6 ini BMW coba menawarkan sesuatu ubahan yang cukup revolusioner. Bukan cuma soal desain tapi hampir di semua lini.
BMW 335i - Ubahan yang Fantastis !
Itulah kira-kira gambaran yang BosMobil dapat tatkala melaju bersama All New BMW Seri 3 saat acara Media Test Drive ke Bandung, Jawa Barat beberapa hari lalu. Cukup satu kata yang bisa menggambarkan bagaimana ketangguhan compact sedan asal Jerman itu: Fantastis!
Bagaimana tidak, mendapat kesempatan menjajal BMW 335i, saya dibuat seakan terbuai oleh seluruh desain dan teknologi yang ada didalamnya. Perjalanan Jakarta-Bandung-Jakarta pun seakan terlalu singkat saat ditemani All New BMW Seri 3. Berikut kesan BosMobil terhadap sedan premium yang satu ini.

Desain

BMW 335i - Ubahan yang Fantastis !
Dibanding Seri 3 satu generaasi dibawahnya, All New BMW Seri 3 punya perwujudan yang makin menarik. Secara dimensional bodinya lebih panjang 93 mm dengan wheelbase yang juga bertambah 50 mm dibanding pendahulunya. Kemudian coba tatap kedua "matanya". Anda tidak akan lagi menemukan coronalamp tapi sudah berganti gaya menjadi Daytime Running Light (DRL) yang menggunakan teknologi LED yang membuatnya terlihat begitu futuristik.
BMW 335i - Ubahan yang Fantastis !

Sementara bentuk bumper, dan kap mesin dibuat dengan tema sporty. Pantas memang mengingat All New Seri 3 mengusung image sebagai sedan sport compact. Namun BMW tak mau Seri 3 tampil dengan baju layaknya mobil sport sejati, ada unsur mewah yang juga ingin ditonjolkan. Karena itulah foglamp diberi aksen krom yang senada dengan gril ganda khas BMW.
BMW 335i - Ubahan yang Fantastis !
BMW 335i - Ubahan yang Fantastis !
Dibagian sisi, ada velg multispoke berdiameter 19 inci dengan desain elegan yang menemani bodi berotot yang bisa dilihat dari bagian samping. Jika melihat dari sisi ini saya seakan tengah menatapi seorang sprinter bertubuh mungil namun punya kaki-kaki yang kekar dan siap melesat menjadi yang pertama di garis finish.
BMW 335i - Ubahan yang Fantastis !
BMW 335i - Ubahan yang Fantastis !
Bagian interiornya memang masih punya tema yang sama dengan Seri 3 terdahulu. Namun ada beberapa ornamen yang membuatnya tampil lebih lux. Misalnya saja bagian dashboard, pegangan pintu, dan center console yang ditambah aksen garnish berwarna silver dan woodpanel. Penambahan panel ini senada dengan warna hitam keseluruhan kabin.
BMW 335i - Ubahan yang Fantastis !
Tapi untuk tata letak instrument indicator yang ada di dashboard maupun center console masih serupa Seri 3 terdahulu. Bedanya kini All New Seri 3 punya head-up display berupa monitor 8.8 inci yang pengoperasiannya melalui tombol pada center console. Futuristik dan sangat berkesan elegan.

Performance

BMW 335i - Ubahan yang Fantastis !
Puas mengagumi desain luar dalam All New Seri 3 yang makin mewah, saya pun sudah gatal rasanya menjajal mesin F30 milik BMW 335i. Psalnya inilah varian paling tinggi dari All New Seri 3 yang ahdir di Indonesia. Berbekal mesin 3.0-liter Twin Power Turbo High Precision Direct Petrol Injection Double Vanos Valvetronic, BMW 335i sanggup menghasilkan tenaga maksimum 306 hp pada 5.800 rpm dengan torsi puncak 400 Nm pada 1.200-500 rpm.
BMW 335i - Ubahan yang Fantastis !
Trek pertama yang jadi ajang pembuktian power BMS 335i yaitu jalan tol Cipularang arah Jakarta, karena saya baru mendapat kesempatan ada dibalik kemudi saat pulang dari Bandung menuju Ibukota. Lepas pintu tol Pasteur, pedal gas langsung saja saya injak penuh. Dan sedetik itu pula tubuh seakan terhempas ke sandaran jok pengemudi. Jarum speedometer pun bergerak cepat hingga tak butuh waktu lama untuk menyentuh angka 160 km/jam.
BMW 335i - Ubahan yang Fantastis !
Dipaksa untuk melewati beberapa deretan mobil yang berjalan pelan disisi kanan, BMW 335i juga sangat gesit. Double-pivot type in front suspension with spring struts dengan fitur anti-roll bar, serta 5-link rear suspension with cast-aluminum upper transverse arms membuat handling Seri 3 terbaru ini lebih baik dari sebelumnya.
BMW 335i - Ubahan yang Fantastis !
Bagi para penyuka adrenalin, rasakan sensasi mesin 6-silinder milik BMW 335i yang lebih instan dengan cara menggeser tuas transmisi 8-speed STEPTRONIC automatic transmission with Adaptive Transmission Control (ATC) pada posisi Manual dan gunakan paddle shift untuk menaikkan dan menurunkan posisi gigi. Disinilah buasnya mesin 335i bisa begitu terlihat dan sanggup melumat setiap inci median aspal.

Comfort

Punya tenaga gahar tidak membuat BMW meninggalkan kenyamanan baik pengemudi maupun penumpang yang ada di kabin BMW 335i. Ini terbukti dari bantingan suspensi yang terasa cukup lembut, bukan saja saat jadi sopir tetapi juga ketika dijajal menjadi penumpang belakang.
BMW 335i - Ubahan yang Fantastis !
Untuk pengemudi dan penumpang depan, kenyamanan ditunjang dengan hadirnya fitur electric seat yang bukan cuma bisa membuat jok maju mundur tapi juga naik atau turun. Jok dilapis kulit yang lembut dengan permukaan lebar dan busa yang empuk. Visibilitas pengemudi dan penumpang depan juga baik. Bentuk bonet yang lebih tinggi juga membuat penglihatan ke ujung mobil lebih baik.
BMW 335i - Ubahan yang Fantastis !
Sementara di bagian belakang, jok berlapis kulit nan lembut juga membuat kenyamanan bertambah. Apalagi jarak sumbu roda yang melar membuat legroom bertambah lapang. Tapi sayangnya posisi sandaran jok terasa masih terlalu tegap sehingag posisi duduk tidak bisa lebih rileks. Untuk nilai tambah lain, BMW 335i punya rear sun blind di tiga titik kaca penumpang belakang sehingga berkesan lebih ekslusif.

Fitur

BMW 335i - Ubahan yang Fantastis !
BMW 335i - Ubahan yang Fantastis !
Ada beberapa fitur unggulan yang diusung BMW 335i, namun yang paling menarik ada di monitor display yang letaknya tepat ditengah dashboard. Pada monitor ini ada fitur BMW Navigation system Professional. BMW Navigation System Professional mampu menampilkan peta Indonesia dan petunjuk arah dengan tampilan 3D atau layar terpisah. Fitur ini juga mampu menangkap jalan-jalan alternatif yang ada di Bandung sehingga memudahkan saya ketika terjebak macet.
Selain itu, BMW 335i juga punya empat driving mode: ECO PRO, COMFORT, SPORT, dan SPORT +. Caranya cukup tekan tombol ECO PRO yang ada di center console, maka sistem komputer pada mobil akan melakukan setting transmisi sehingga pergeserannya lebih cepat di putaran mesin rendah, akselerasi yang dibatasi, hingga pengaturan AC akan bekerja konstan dan suhu tidak terlalu dingin. Pada mode ini saya bisa mendapatkan penghematan BBM 5,8 km/liter dengan kondisi trek dalam kota serta luar kota baik berakselerasi tinggi maupun macet. BMW sendiri mengklaim ECO PRO bisa menghemat konsumsi BBM hingga 20 persen.
BMW 335i - Ubahan yang Fantastis !
Agar lebih mengurangi konsumsi bahan bakar, BMW 335i juga sudah disertai fitur auto start-stop engine. Jadi dengan mengaktifkan fitur ini maka saat mobil dalam posisi diam dalam dua detik, maka mesin akan mati otomatis. Mesin akan kembali nyala jika pedal rem diangkat atau setir digoyangkan. Tapi buat yang suka BMW 335i terasa lebih soft, tinggal geser mode ke posisi COMFORT, maka settingan akan berubah halus, baik akselerasi maupun suspensi. Sementara untuk mode SPORT dan SPORT + dibutuhkan bagi Anda yang penyuka kecepatan.
BMW 335i - Ubahan yang Fantastis !
Jangan sangksikan pula soal fitur keselamatan, karena BMW 335i juga sudah punya Dynamic Stability Control (DSC), Dynamic Traction Control (DTC), Anti-lock Braking Sytem (ABS), Head Protection System (HPS), Adaptive Brakelights, dan tak ketinggalan enam buah airbags.

Price

Ditawarkan Rp.849 juta off the road Jakarta, BMW 335i bersaing dengan Mercedes-Benz C-Class. Tapi dengan mesin yang gahar namun memiliki tingkat efisiensi bahan bakar yang tinggi, rasanya teknologi mesin F30 pada All New BMW Seri 3 ini pantas jadi bintang baru di kelas compact premium sedan.





0 komentar:

Posting Komentar