Jumat, 01 Maret 2013

BMW New X1 sDrive 18i xLine - Mencoba Mengulang Kesuksesan


Overview
Sukses menembus angka penjualan lebih dari 700 unit sejak dikenalkan pada Juli 2010 silam membuat BMW Group Indonesia kembali menawarkan BMW X1 dengan sedikit penyegaran. Harapannya tentu untuk mengulang kesuksesan generasi terdahulu.
Cukup membingungkan positioning dari New BMW X1. Dimensinya tidak sebesar keluarga BMW X-series lainnya, namun tetap berkaki jenjang dengan ground clearance yang cukup tinggi layaknya Sport Activity Vehicle (SAV) lain produksi pabrikan Jerman itu. New BMW X1 juga bukan compact hatchback premium seperti 1-Series. Menariknya New BMW X1 punya bagasi yang tak kalah lapang dibanding 1-series maupun sedan-sedan BMW.
Tapi inilah uniknya BMW, berpusat di Munich, produsen mobil mewah ini selalu saja menciptakan pasar tersendiri. Karenanya di saat banyak kompetitor memperdebatkan soal positioning New BMW X1, sudah ratusan unit mobil ini lalu lalang di seantero Nusantara, bahkan di dunia penjualannya mencapai 300.000 unit. Kini lewat generasi terbarunya BMW New X1 sDrive 18i, BMW melakukan sedikit perubahan baik di dalam maupun bagian luar mobil.

Design

Bila pada BMW X1 yang masuk ke Indonesia dua tahun lalu, mungkin banyak yang menyebut desainnya agak nanggung. Tapi pada versi teranyarnya ini, semua diubah agar New BMW X1 tampil makin elegan, mewah, dan berwibawa.
Sentuhan ubahannya memang tidak banyak, tapi sudah lebih dari cukup mendongkrak aura premium dari New BMW X1. Lihat saja desain headlamp dengan corona light yang baru, kidney grille khas BMW yang kini berkelir silver dengan rounding crome bukan lagi hitam, new front bumper yang dibentuk ulang sehingga lebih terlihat mewah, new rear bumper, hingga pilihan velg baru berukuran 18 inci dengan Y-Spoke Design yang sangat elegan.
Layaknya Seri 5 terbaru maupun Seri 7 baru, ketika tombol start/stop engine ditekan, maka corona lamp akan menyala sebagai Daytime Running Light (DRL). Sorot cahayanya yang tajam berpadu desain front facia yang makin elegan tentu cukup mengundang perhatian siapa saja yang melihatnya ketika melintas di jalan-jalan Ibukota.
Di bagian dalam, BMW New X1 sDrive 18i menawarkan nuansa warna cokelat dan hitam. Jok bagian depan dan belakang dilapis bahan kulit dengan warna cokelat tua. Pun demikian dengan sebagian aksen pada doortrim dan dashboard. Untuk tetap mempertahakan cita rasa premium dibubuhkan juga wood panel pada beberapa sisi dashboard seperti BMW X1 terdahulu, hanya saja coraknya lebih natural. Sementara bagian lain termasuk lingkar kemudi tetap dibiarkan menggunakan kelir hitam.

Performa

Tetap mempertahankan mesin 1.995 cc 4 silinder brteknologi Valvetronic dan Double VANOS, tentunya membuat BMW New X1 sDrive 18i masih memproduksi daya yang sama yakni 150 hp dengan torsi puncak 200 Nm di 3.600 rpm. Akselerasi 0-100 km/jam diklaim 10.4 detik dengan top speed 200 kpj.
Sepintas memang orang lain bisa menganggap BMW New X1 sDrive 18i ini tak ada bedanya dengan si pendahulu. Tapi boleh percaya boleh tidak ketika ada dibalik kemudi keluarga X-Series terkecil ini, sensasinya agak berbeda. Tingkat responsifitas akselerasinya membaik dengan handling yang juga makin driver oriented.
Mencoba pada kondisi stop and go ditengah kemacetan Jakarta, cukup posisikan tuas transmisi di "D" dan mobil bisa berakselerasi dengan cukup gesit. Pada posisi "D" ini mobil juga masih mumpuni untuk dipacu hingga lewat 80 km/jam. i memang jika butuh akselerasi yang lebih galak perlu menggunakan sistem transmisi Triptonic atau posisikan tuas di "DS".
Selain akselerasi, handling juga kami rasakan mengalami perubahan yang cukup besar. Berada dibalik kemudi BMW New X1 sDrive 18i serasa sedang menyetir Seri 3. Dibawa menikung mobil masih sangat nyaman dikendarai. Rasanya BMW New X1 makin mengadopsi filosofi Seri X lain seperti X3, X5, maupun X6 yang bukan cuma tangguh tapi juga nyaman ketika dibawa ngebut.
Berbeda dengan BMW X1 terdahulu, kini BMW New X1 juga hadir dengan pilihan mesin diesel sDrive 20d yang menawarkan daya puncak 184 hp pada 4,000 rpm dan torsi 380 Nm pada rentang 1.750-2.750 rpm.

Comfort

Sebetulnya hampir tidak ada yang berubah dari sisi kenyamanan pada BMW New X1 sDrive 18i dibanding generasi sebelumnya yang juga sama-sama dirakit di Gaya Motor, Jakarta. Tapi nuansa kabin yang berbeda dengan menggunakan tema warna yang lain maka rasanya ada sesuatu yang berubah saat berada di kabin BMW New X1 sDrive 18i.
Posisi duduk tetap sama, dengan profil dimensi yang tidak terlalu tinggi maka ada dikabin BMW New X1 sDrive 18i seperti duduk di sebuah sedan. Visibilitas pengemudi ke depan, kiri-kanan, serta belakang juga tetap sama.
Entah karena varian yang kami tes kali ini adalah BMW X1 Xline yang menggunakan jok berbalut kulit Nevada, tapi warna cokelat yang dipilih untuk dikombinasikan dengan kelir hitam membuat kabin terasa mewah namun lebih hommy. Baik duduk sebagai sopir, penumpang depan, maupun di jok belakang, nuansa nyaman lebih terasa dibanding ketika bagian jok ini dilapis kulit dengan warna senada dashboard.
Duduk berlama-lama di dalam kabin menjadi lebih betah.

Fitur

Karena masih berstatus minor change, maka BMW belum berani banyak merombak fitur-fitur pada BMW New X1 sDrive 18i. Mulai dari jok depan yang posisinya bisa diatur secara elektrik baik jok pengemudi maupun penumpang, head unit dengan Radio FM/AM, CD Player, MP3 Player yang dipadankan dengan speaker dengan keluar suara lembut, audio steering switch, hingga perangkat keamanan aktif dan pasis seperti SRS Airbags maupun Anti-lock Brake System (ABS).
Yang jadi pembeda justru ada di tengah-tengah dashboard BMW New X1 sDrive 18i. Ada semacam bracket bertuliskan BMW pada bagian tengah dashboard dengan slot iPod/iPhone. Gunanya untuk mengsinkronisasikan antara gadged tersbeut dengan sistem audio atau bisa juga sebagai GPS eksternal.

Price

Di kelas X-Series BMW, X1 sDrive 18i merupakan tipe yang paling ekonomis yang ditawarkan BMW Group Indonesia. Harga yang ditawarkan Rp.499 juta off the road Jakarta untuk varian Business dan Rp.549 juta off the road Jakarta untuk tipe Xline.
Harga ini tentu bisa menggoda siapa saja yang butuh mobil dengan ground clearance cukup tinggi, tapi tetap senyaman sedan, memiliki kapasitas bagasi yang lapang, dan juga mengusung jaminan kemewahan ala BMW. Dengan demikian rasanya BMW New X1 punya modal yang makin kuat guna mengulang kesuksesan generasi sebelumnya.





0 komentar:

Posting Komentar